Friday, August 13, 2010

salon

gue sangat malay pergi ke salon. maksudnya gue kalo nyalon mesti ke malay (?).

bagi gue, cuma ada 3 alasan untuk pergi ke salon :
1. rambut gue telah berkembangbiak dengan liar nya sehingga gue harus hati-hati kalo jalan di mall biar si rambut ga nyabet orang, yang berarti harus segera dipangkas!

2. gue harus menghadiri sebuah acara yang menuntut gue untuk perform lebih maknyus daripada penampilan sehari-hari yang sudah menggoyang lidah

3. si mami ribut nyuruh gue nyalon dengan alasan bervariasi

jadi, salon bagi gue ga lebih dan ga bukan hanyalah tempat blow dan potong rambut. dan walaupun selama bertahun-tahun salon telah menyulap rambut gue menjadi lebih mangstap, gue tetap tidak mencintainya. yah gue tau gue memang jahat layaknya ibu tiri menganaktirikan anak tirinya.

ga tau juga kenapa, tapi gue cukup sering dapet pengalaman aneh di salon. berikut liputannya.
seperti yang nenek moyang gue ketahui, dari lahir sampe smp rambut gue ga ada modelnya. belah tengah pula kayak pantat bayi. lalu pada suatu hari yang cerah tiba-tiba gue mendapat ilham untuk memberi sentuhan seni pada si rambut. meluncurlah gue ke salon langganan sang mami. waktu si hairdresser sedang asik mengutak ngutik rambut gue, dia bilang, 'wah ini kalo masuk ke rambut kamu berarti no way out yah.' trus ketawa dengan puasnya. gue tanya, 'maksudnya no way out?' 'iya, udah masuk ga bisa keluar'. gue terdiam. mencerna. dan melotot. GRRRR. jadi maksud lo rambut gue kayak hutan rimba gitu?! berasa pengen jambak rambut nya yang kayak kucing betina albino sampe gundul trus pacul kepalanya. biar jadi gundul-gundul pacul!

entah karena hasil potong nya emang perfecto atau emang ga ada hairdresser lain di jagat raya, sang mami selalu menggiring gue kembali ke si hairdresser kucing betina albino itu. panjang bener sih namanya. ketika tiba waktunya gue potong rambut lagi, si hkba ternyata udah pindah salon. gue pun meluncur ke salon baru nya. hati riang jiwa pun senang karena dia ga komen macem2 lagi. tapi kok lama-lama gue merasa waspada. lalu berkembang jadi siaga dua. lalu jadi siaga satu. ada apa toh? tau ga, tiba-tiba aja orang-orang tua muda lelaki perempuan kaya miskin cantik jelek berkumpul di belakang kursi gue membentuk setengah lingkaran. dan mereka liatin aja gitu gue lagi dipotong rambutnya dari awal sampe akhir! berasa domba lagi dicukur bulu nya buat jadi tontonan turis. gue pengen jerit, 'BUBAR! BUBAR!' sambil menembak ke udara pake hair dryer.

sebagai salah satu persiapan hijrah ke negri sebrang, gue pun berencana melaksanakan ritual pemotongan si rambut. kali ini, karna denger-denger si hkba sudah tidak diketahui lagi rimbanya, gue pun kembali ke salon langganan dan menyerahkan rambut gue dipotong hairdresser yang juga pernah sekali gue coba sebelumnya. yah lumayan lah meskipun tidak se pro si hkba (gue akui dia memang pro abis walaupun albino). sebelum dipotong, seperti biasa rambut gue dicuci dulu. gue pun duduk setengah tidur dengan nyaman nya. si mas tukang cuci pun mencuci rambut gue seperti biasa. namun peristiwa naas itu terjadi. dari muka santai, muka gue berubah garang dalam hitungan detik. rambut gue dijambak! dan apa yang kemudian terjadi? si mas tukang cuci melanjutkan proses mencuci dengan menjambak-jambak rambut gue. lima menit lagi lebih lama, mungkin gue udah gundul dan kulit kepala berceceran di lantai. pengen ngamuk, tapi ga enak abis si mas nya ternyata lucu dan medok. gue pun meredakan emosi menenangkan kalbu. tiba saat nya si rambut dipotong. si hairdresser berkacamata bertanya gue mau potong model apa. gue menjelaskan dengan aktual tajam dan terpercaya. dia mengangguk-angguk dan mulai beraksi. gue menunggu dan menunggu. si hb potong sana potong sini jepit sana jepit sini. tapi kok ga selesai-selesai ya? lama banget deh. ibaratnya, kalo si hb potong satu kepala, si hkba udah selesai potong 5 kepala ibu-ibu beserta anak cucu nya. dengan bosan nya gue pun menjelalatkan mata ke sana dan ke sini. tebak apa yang gue liat? lima orang mas-mas tukang cuci duduk santai di pojokan liatin gue dipotong rambutnya! grr. gue pun pindah objek lirikan. dari kaca di depan gue, terlihat lah seorang ibu-ibu gendut yang duduk di blakang gue liatin gue dengan penuh nafsu. takut dia lesbi, gue pindah objek lagi ke ruang tunggu di depan. seorang mbak-mbak berbaju babysitter liatin gue sambil mangap. sungguh hebat, gue jadi tontonan turis untuk kedua kalinya! GRRRR. telen idup idup nih.

wow panjang bener ni post.
capek ah. dadah!

No comments:

Post a Comment